Teknik Pengereman Bus yang Baik pada Medan Jalanan yang Menurun

Belajar dari insiden bis karyawan kami pada saat menapaki jalanan yang menurun....

Ternyata perilaku pengereman di bis itu berbeda dengan mobil

Ketika kita mengendarai mobil, kita bisa mengerem sesering mungkin saat turunan

Tetapi tidak berlaku untuk bis, tidak bisa sering sering pengereman

Bis itu yang notabene menggunakan tekanan angin harus dilakukan dengan telnik yang benar dari awal saat memulai memasuki turunan

Ketika supir yang belum berpengalaman maka tidak akan melakukan konbinasi dengan engine brake dan menggunakan gigi yang tepat

Tidak seperti di mobil yang bisa berganti gigi saat turunan, di bis sulit dilakukan saat turunan malah bisa mengakibatkan bis meluncur lebih cepat

Karena ketika saat turunan bis akan sulit masuk ke gigi rendah sehingga akan mengakibatkan bis menjadi netral dan tidak ada engine brake yang membantu

Engine brake biasanya hanya akan efektif pada gigi rendah seperti 2 atau 3

Menurut engineer bis dari mercy, panduan gigi yang tepat digunakan adalah sama dengan gigi yang digunakan saat menanjak, itu rumus sederhananya

Balik ke kebiasaan mengerem, jika supir tidak pengalaman yang akan menginjak rem sesering mungkin, maka akan tekor angin sehingga ketika dibutuhkan rem sudah tidak berfungsi karena tekana angin yang dihasilkan kalah dengan tekanan angin yang dibuang

Makanya jarang sebenarnya istilah rem blong pada kecelakaan bis kata engineer bis nya mercy, pada umumnya lebih ke perilaku supir yang tidak disiplin mengikuti prosedur penggunaan gigi yang tepat dari awal

Jadi istilah gagal merencakan penggunaan  gigi maka berencana gagal
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Arsip Blog

Arsip Blog

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.